Novian hadinata's Blog
just for fun blog.

2012? doomdie


Saya yakin anda pernah mendengar ttg isu ini, bahkan hollywood telah mengangkat isu ini menjadi film box office. Banyak orang yg skeptis dan menganggap ini hanya omong kosong doank, sebagian lagi menjadi paranoid karena terlalu percaya dgn isu ini. Hanya sedikit yg mampu menyikapinya dengan bijak.

Saya sendiri pertama kali mendengar ttg hal ini pada tahun 1999, jadi ini bukan masalah baru bagi saya. Sudah cukup lama saya mencari informasi ttg masalah ini. Nah disini saya ingin berbagi pengetahuan menyangkut masalah ini, dan artikel ini saya tuliskan sedemikian rupa sehingga saya harapkan orang awam bisa memahaminya.

Note satu hal, informasi yg saya tulis disini hanya informasi yang berbasis science dan pendapat para ilmuan, disini saya tidak memberikan informasi berbasis supranatural, mistis, ataupun spiritual. (Yah kalo ada yg tertarik buat ngetahuin info dari sisi yg lain, silahkan aja hubungi saya). Dan satu hal lagi, semua info ini adalah prediksi, bukan suatu kepastian, hanya Tuhanlah yg berhak untuk membuat suatu kepastian!!!

Pertama-tama…saya akan menuliskan apa sih yg sebenernya diprediksikan akan terjadi di thn 2012 menurut para ahli.

1. Equinox precision. Apaan tuh?…wah ribet juga ngejelasinnya pake bhs kita. Anggap aja gini deh, bumi ini berputar kan?…nah yg namanya putaran pasti ada sumbunya kan?…nah trus…. …eh….bentar…saya jadi bingung……
Gini aja deh…coba anda ambil pulpen, jepit tuh pulpen dengan jari jempol ama telunjuk tepat di tengahnya, trus pake tangan anda yg lain anda pegang tuh kepala pulpen trus gerakin sehingga tuh kepala dan ekor pulpen bergerak membentuk lingkaran (membentuk pola kek bentuk jam pasir gitu loh). Faham ente????

Nah kira2 kek gitu deh bumi berputar, jadi selain berotasi, bumi juga melakukan putaran kek gitu. Nah setiap 1 kali rotasi putaran itu dinamakan equinox precision. Siklus ini terjadi setiap 26000 thn sekali. Dan siklus ini telah diklarifikasikan oleh para ilmuwan.

Perhitungan ini di”populerkan” oleh bangsa Maya (walaupun peradaban2 kuno lain seperti Babylonia, Sumeria, Mesir, Inca, Aztec dll memiliki perhitungan yg sama, namun berhubung kebanyakan org tau nya dari bangsa Maya jadi yah..ama temen gpp deh).

Nah menurut perhitungan mereka, pada tgl 21 Des 2012, equinox precision akan terjadi, sehingga periode 26 ribu tahun yg lama selesai dan masuk ke periode 26 ribu thn yg baru atau lebih lengkapnya, periode Aquarius (saya rasa ini yg menjadi ide dari film “Water World”, bagi yg dah pernah nonton pasti paham, bagi yg belon…..ke laut aja loe…….srius loh…biar paham ama filmnya).

Nah menurut bangsa Maya, setelah 21 Des 2012, maka kalender musti di reset n dibikin kalender baru, soalnya menurut mereka siklus musim bakalan berubah. Kalo tetep make kalender yg lama kasian ntar para petani n pelaut, yg petani bisa gagal panen trus, yg pelaut bisa kejebak badai mulu.

Kalo kita liat2 kondisi skrg, musim kan emank dah ga tentu kejelasan dan kredibilitasnya (ciailah bahasanya). Nah mo OOT bentar (Out Of Topic, bagi yg ga paham), Yah sebagian besar org nyalahin “isu Global Warming”, tapi anda nyadar ga kenapa sesuatu yg udah sebesar isu global warming sampe negara2 di dunia ngadain KTT berkali2 masi aja disebut “ISU”. Kurang kerjaan bgt deh ya para presiden2 kita sampe harus ngadain pertemuan2 besar kek gitu hanya buat ngegosip??????. Jadi kenapa?…kenapa eh kenapa? Mari kita tanyakan pada rumput yg bergoyang. Hehehehe…saya tau sih…tapi ga etis kalo dibahas disini…lain kali aja deh.

Saya inget omongan orang2 tua Tionghoa. Mereka menggunakan kalender Cina yg notabene memiliki akurasi musim jauh lebih akurat daripada kalender masehi. Mereka bilang “dulu kalo tgl segini pasti air pasang, kalo tgl segitu pasti air surut, tapi sekarang kok gak lagi ya?”.

Nah skrg kita masuk ke analisis yg sedikit lebih “seram”. Bbrp ahli berpendapat akan terjadi perubahan waktu…maksudnya, satu taon mungkin ga lagi 365 hari…bahkan mungkin satu hari ga lagi 24 jam!!! Kmungkinan akan lebih dari 24 jam….widih…repot juga ya…untung saya orangnya suka begadang n tahan ga tidur ampe sminggu…wakakakaka. Mereka berasumsi begitu sebab menurut bbrp teori, konon katanya pas jaman es 1 harinya bumi beda dgn ama yg sekarang.

Bagi yg punya “sedikit” ilmu fisika dari jaman sekolah dulu mungkin bakalan beragumentasi kalo periode rotasi ga mungkin berubah, soalnya bumi bisa ngorbit gara2 adanya gaya sentrifugal/sentripetal antara bumi-matahari sehingga apabila periode rotasi bumi berubah maka keseimbangan gaya tsb bakalan berubah sehingga bumi bakalan lepas dari orbitnya. ….Yeah….anda benar, cuma aja, ampe skrg para ilmuan masih kbingungan knapa orbit bumi elips, soalnya kalo cuma sentripetal/sentrifugal maka harusnya orbit bumi lingkaran sempurna….bukannya elips. Brarti disini ada gaya lain yg mempengaruhi orbit bumi, nah jadi perubahan rotasi bumi tanpa harus mengakibatkan bumi lepas dari orbitnya itu masih dimungkinkan selama “gaya lain” ini tadi bisa menyeimbangkannya. (Note…bagi yg ga mahfum ama bahasan di alinea ini, ga usah diambil pusing)

Nah jadi….menurut para ahli…equinox precison memang akan terjadi, namun efeknya masih diperdebatkan. Mungkin ga akan memberikan pengaruh apapun,…….cuma….kebe

tulan aja……kebetulan aja loh ini ya, menurut bbrp sumber…………trakhir kali bumi mengalami equinox precision bertepatan dgn berakhirnya jaman es terakhir……sekali lagi….kebetulan aja lhoooooooooo………

2. Dark Rift/Great Rift……eeeee astaga…baru nyadar saya kalo nyang ini malah lebih ribet lagi buat ngejelasinnya….doh, berhubung saya dah keburu ngetik ni tulisan mo ga mau deh saya coba jelasin.
Gini nih…bumi kan berotasi n berevolusi thd matahari….nah begitu juga tata surya ini beserta tata surya dan objek antariksa lainnya berotasi dan berevolusi thd pusat galaksi kita Bimasakti (btw…ampe skrg saya masih bingung napa kita nyebutnya Bimasakti…padahal di barat namanya Milky Way….sapa sih nyang ngasih nama Bimasakti….knapa ga deacfasakti gitu…kan lebih keren…tul ga?)

Nah menurut perhitungan peradaban2 kuno yg telah diklarifikasikan oleh para ilmuwan, setiap 640.000 tahun sekali bumi dan matahari akan berada dalam posisi segaris lurus dgn pusat galaksi dan memasuki apa yg disebut “celah gelap” alias Dark Rift ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………(intermezzo bentar…sumpah… puyeng nyari kata2 yg pas buat ngejelasinnya). Lanjott…….Nah, di posisi ini menurut para ilmuwan akan terjadi perubahan medan elektromagnet dan gravitasi yg signifikan thd objek apapun yg memasuki celah ini. Satu hal lagi yg perlu diketahui…menurut sebagian ahli, Dark Rift kali ini unik dan berbeda dari kejadian2 sebelonnya…soalnya menurut perhitungan, posisi yg satu ini belon pernah terjadi semenjak bumi terbentuk. (jgn minta saya jelasin lebih dalam ttg keunikan Dark Rift 2012…bingung saya ngejelasinnya dgn bahasa awam….anda cari info aja ya di google kalo mank penasaran)

Jadi…apa efek dari Dark Rift ini thd bumi?…disini saya akan tuliskan 3 teori yg paling populer di dunia science.

A. Neutrinos Rain. Ini adalah teori yg diadaptasi oleh film 2012. Hujan neutrinos akan dilepaskan oleh matahari, dan ketika menghantam bumi akan mengakibatkan mantel bumi dan inti bumi terpisah, jadi ada ruang kosong antara kulit bumi dgn inti bumi. Itu yg ngebuat california anjlok ke dalam bumi di film 2012. Efek ini di combo dgn “polar reversal” (yg akan saya jelaskan nanti) sehingga efeknya global disaster seperti di film 2012. Utk jelasnya anda nonton aja deh filmnya…….bagi yg blon nonton……..eh astaga…hari gini blon nonton 2012????

B. Global EMP. Nah ini yg yg paling banyak diyakini oleh para ilmuwan. Mungkin anda pernah mendengar bbrp kali di berita TV ulasan ilmuwan2 yg mengatakan 2012 bukanlah kiamat, hanya kiamat teknologi, nah mereka mengadopsi teori ini.
Pas masuk ke Dark Rift, Matahari akan melepaskan gelombang Elektro Magnetic Pulse (EMP) dalam skala besar ke bumi. Gelombang ini dapat merusak semua peralatan yg memiliki sirkuit elektronik di dalamnya. Mulai dari jam tangan digital, maenan anak2, vibrator (ups keceplosan),TV, HP, ampe satelit di luar angkasa. So….duarrrrr……dan kita kembali ke jaman batu. Utk kita manusia modern yg udah segitu tergantungnya ama teknologi kemungkinan besar bakalan kesulitan utk bertahan apabila ini terjadi. Nah utk org2 yg tinggal nun jauh di pedalaman sana…ga ada efeknya tuhhhhhh….. Nah disini saya bisa mengambil “hikmah” dari program “byar-pet” yg dicanangkan PLN kita tercinta akhir2 ini (utk di luar Jawa sih bukan cuma akhir2 ini…tapi dah dari jaman penjajahan dolo kali). Kita jadi dikasih kesempatan utk belajar lepas dari ketergantungan thd teknologi. Makanya kalo lampu mati jgn cuma manyun…lakuin sesuatu yg bermanfaat…misalnya ngetes makan dedaunan, gelantungan di pohon, jumpalitan ato minimal joging, sapa tau pas joging nemu motor nganggur…kan mayan tuh…lho heh??????

C. Gigantic Solar Storm .Teori ini diangkat menjadi film Knowing, yg diperankan oleh Nicholas cage, coba deh nonton filmnya.
Nah yang satu ini seram abis…..Matahari melepaskan Badai Matahari skala besar….saking kuatnya sampe bisa mempenetrasi atmosfir hingga ke permukaan bumi….kalo ini terjadi maka semua kehidupan di bumi bakalan musnah mulai dari gajah ampe ke amoeba. Kalo ini yg akan terjadi…yah saya cuma bisa bilang…”insyaflah wahai manusia, jika dirimu ternoda, lalalala(lupa sambungan syairnya)”. Kita berdoa aja deh smoga bukan ini yg terjadi. Tapi kalo mank ini yg terjadi, ya apa mau dikata…kehendak Tuhan…suka2 dia donk kalo dia mank maunya begini.

3. Polar Reversal. Alias pembalikan kutub, Utara jadi selatan, selatan jadi utara. Disini ada 2 pendapat, polar reversal cuma mengakibatkan pergeseran medan magnet aja, namun sebagian yg lain berpendapat kalo bumi juga ikut kebalik, nah lho. Selain itu di sini ilmuwan terpecah, sebagian mengatakan Polar Reversal belon terjadi, sedangkan yg lain bilang kalo sudah dimulai, dan sekarang sedang dalam proses, 2012-2014 nanti akan menjadi break point dimana akselerasi akan meningkat secara signifikan. Siklus ini terjadi tiap 300.000 tahun sekali, namun ntah kenapa siklus terakhir terjadi 780.000 tahun yg lalu, dengan kata lain Polar Reversal 2012 dah telat 480.000 tahun. (Buset de..kalo manusia kan telat bbrp minggu aja dah nyadar tuh, lah kalo bumi butuh 480 rebu taon baru nyadar yah?….anaknya kembar brp tuh?…lho…ini bukan lagi ngebahas ttg kehamilan ya?)
Selain karena siklus alami yg blon dipahami penyebabnya, sebagian ahli berpendapat Polar Reversal dapat diakibatkan oleh bbrp hal berikut:
a. Perubahan massa dikutub yg mengakibatkan perubahan keseimbangan pada poros bumi.——>. Klarifikasi: mencairnya es di kutub.
b. Pergeseran lempeng benua (Disini efeknya saling mempengaruhi dari kedua sisi)—>Klarifikasi: Tuh gempa2…masih mo dipertanyakan lagi?
c. Bumi ditabrak asteroid—>innalillah
d. Object antariksa berukuran besar mendekati bumi—>Planet X/Nibiru????(blon bisa saya klarifikasikan)
e. Super Volcano terbentuk jauh dari garis khatulistiwa—->Super Volcano di Yellow Stone (Di film 2012 juga ada ditampilin kok, dan ini mank fakta ilmiah)
(Anda tau satu hal yg lucu, ke lima poin di atas justru saya dapatkan dari situs2 yg skeptis dgn urusan 2012, jadi mereka menolak kemungkinan yg mungkin akan terjadi dgn memberikan fakta2 diatas, namun justru fakta2 itu yg menjatuhkan alasan mereka…ironis kan..wakakakak)

Jadi, gimana sih proses terjadinya polar reversal?. Gini nih…pertama2 kedua medan magnet di kutub bergeser, kemudian terbentuk kutub2 “minor” di berbagai belahan bumi. Jadi kutub bumi ga cuma 2 lagi, menurut info terakhir yg saya dapatkan, setidaknya telah terbentuk 8 titik kutub minor, 3 kutub utara di utara 1 kutub selatan di utara, dan 3 kutub seletan di selatan 1 kutub utara di selatan. Tuh kan jadi ribet kutubnya…masa selatan di utara n utara di selatan…ga konsisten nih planet.

Nah, efek inilah yg membuat semakin banyak burung2 yg tersesat saat bermigrasi, dan lumba2 serta paus yg terdampar di pantai. Mereka bingung gara2 kutub bertambah, sedangkan jalur magnet bumi adalah kompas alami mereka utk melakukan migrasi. Dan juga, disinyalir inilah yg menjadi penyebab semakin banyaknya kecelakaan pesawat terbang yg terjadi akhir2 ini, baru tahu ya?…memang info ini blon dirilis ke publik, anggap aja ini bocoran dari saya…heheheh

Nah, kalo di film 2012, begitu Dark Rift terjadi, proses polar reversal menjadi instant dan mengakibatkan ledakan medan gaya di kutub2 minor yg mengakibatkan tsunami di beberapa titik di bumi.

Satu hal yg perlu digaris bawahi……equinox preciosion telah pernah terjadi, dark rift telah pernah terjadi, polar reversal telah pernah terjadi, dan bumi masih tetap berputar……..tapi 3 kejadian kosmik terjadi sekaligus dalam rentang waktu hampir bersamaan??????(Coba deh itung 26 ribu, 300 ribu, n 640 ribu ketemunya pas dimana?)…hm………….saya juga ga brani ngebuat opini utk ini. Saya serahkan ke imajinasi masing2.

Jadi…..itulah sekelumit pengetahuan dari saya…gimana? dah pengen bunuh diri blon? Ato malah lsg ambil wudhu n sholat taubat?…wakakakakaka.
Tenang aja, seperti yg saya tuliskan di awal, efek2 tsb hanyalah prediksi, Tuhan yg punya kuasa.
Trus…buat apa donk saya nulis ini?….Saya menulis ini semata2 agar anda yg kiranya telah sudi membaca tulisan saya yg tiada seberapa ini (wuihhhh…merendah blehhh) dapat MEMBUKA PIKIRAN anda. Jgnlah anda tolak mentah2 informasi seperti ini, namun janganlah juga anda meyakininya sebagai sebuah kepastian. Terimalah ini sebagi suatu KEMUNGKINAN, ga ada ruginya kok, malah jelas besar ruginya kalo anda lsg menolaknya mentah2.
Kalo kita pikir2, dunia skrg sedang dalam perubahan, perubahan besar dalam segala bidang baik anda sadari maupun tidak. (bencana2, krisis finansial, krisis moral, penyakit2 ajaib, dll) Dalam menghadapi perubahan, orang yg berpikiran terbuka akan mampu menerimanya dan beradaptasi, sedangkan org yg skeptis dan berpikiran tertutup cenderung akan kesulitan menghadapinya yg mana pada akhirnya akan membuat mereka tersingkir dengan sendirinya. Kalo ampe tersingkir dari dunia ini, brarti kan ke dunia lain tuh…..paham maksud saya?

Sebagai contoh, seandainya suatu hari anda terbangun dari tidur, dan anda menemukan bahwa semua peralatan elektronik anda mati, maka reaksi anda akan sangat tergantung dari keterbukaan pikiran anda, saya kasih contoh:
A. Orang berpikiran terbuka: reaksinya, “Ohhh…..kejadian juga toh, okelah kalo begitu, saatnya belajar jalan kaki”. Atau bahkan “Wah…sampe juga waktunya….untung dulu aku rajin joging, jadinya skrg kalo harus jalan kaki kemana2 aku dah siap”.
B. Orang skeptis: reaksinya “Bah…apa2an ini, gimana aku mo kerja kalo kek gini, bisa mampus aku”. Atau bahkan mungkin org jenis kek gini bakalan lsg mati ditempat kena serangan jantung gara2 kaget.
C. Orang naif : reaksinya: “Lho kenapa pula ini?….ohh..mungkin lagi kebetulan aja rusak bareng, biarin aja ah,,,bentar juga bakalan bener sendiri ato bakalan ada org yg ngebenerin semuanya”….pertanyaanya adalah…bagaimana kalau ternyata perubahannya permanen dan ga ada orang yg bisa memperbaikinya?

Kalo anda ga siap menerima perubahan, padahal perubahan itu telah terjadi dan bersifat permanen, maka cepat atau lambat anda sendiri yg rugi dan bahkan punah dgn sendirinya.

So…sekali lagi saya katakan, bukalah pikiran anda, karena inilah persiapan yg paling penting. Persiapan MENTAL Sehingga apapun yg terjadi nanti anda dapat menerima dan beradaptasi dengan keadaan. Kalaupun anda ingin melakukan persiapan lebih (misal bikin bunker di bawah rumah…wuihhhh) silahkan aja, tapi jgn anda lepaskan kehidupan yg anda miliki skrg, karena kalo sampe ga terjadi apa2, anda sendiri yg bakalan rugi.

Sadari, nikmati dan sukuri apa yg udah kita miliki skrg. Saya lihat jaman skrg org2 cenderung hidup di masa depan hingga melupakan masa kini, sibuk ngumpulin materi utk masa depan , padahal masa depan itu sejatinya cuma ilusi. Quote dari kungfu panda “past is history, future is mystery, while present is a gift”. Orang yg melupakan masa lalu adalah org bodoh, org yg melupakan masa depan adalah org naif, dan org yg melupakan masa kini adalah org sombong dan ignorant.

Hope for the Best, Prepare for the Worst, n keep living the moment.

Demikianlah sekelumit (sekelumit????) tulisan saya, semoga membawa manfaat, kalo anda ingin menyebarkan tulisan ini, silahkan saja, cuma tolong ingat etika copy-paste yah…sertakan quote dari penulis aslinya. Yaitu saya the great deacfa wuakakakakaka

P.S: Bagi anda yg juga punya pengetahuan ttg 2012 dan tidak setuju dgn pendapat dari tulisan saya, saya hanya bisa bilang kalo saya juga tau berbagai macam teori dan opini lain…yg saya tuliskan disini adalah teori yg saya anggap paling scientific dan saya adaptasikan sedemikian rupa agar gampang dipahami orang awam. Kalo saya tulisin smuanya….bisa pada mati bdiri ntar org2, ato kalo ga pada lsg ngebuang tulisan ini ke tong sampah beserta kompi ato laptopnya skalian….kan gawat tuh. Mending disumbangin ke saya aja atuh…..faedahnya lebih besar.

P.S.2 Nah omong2 saya baru nyadar kalo awalan dari setiap alinea tulisan ini didominsai ama kata “Nah”….anda nyadar ga? Coba deh itung ada berapa kata “Nah” di tulisan ini. Nah loe…..

source :  deacfa AKA reza

No Responses to “2012? doomdie”

Leave a Reply

